Workshop Biosafety III

spiil kit3Tim Biosafety Fakultas Kedokteran kembali menyelenggarakan Workshop III tentang pengenalan biosafety dan pelatihan penggunaan spill kit tanggal 2 Agustus 2016.  Workshop kali ini bertempat di ruang Yustisia Gedung University Club UGM. Sekitar 39 peserta dari dalam maupun luar Fakultas kedokteran (Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas Farmasi, RS Sardjito) mengikuti workshop tersebut. . Pada workshop kali ini hadir dua orang tamu dari Biosecurity Engagement Program (BEP), USA, dan perwakilan di Indonesia yakni Ibu Wahyuni dan Miss Amal Haaq. Miss Amal berkesempatan memberikan sambutan kepada peserta workshop, mengenalkan BEP dan pentingnya workshop biosafety.

Workshop dibuka oleh Wakil Dekan Prof. Adi Utarini FK UGM, Ibu Dewajani Purnomosari, PhD. Materi-materi workshop disampaikan oleh pemateri yang sama sebelumnya dari Tim Biosafety Fakultas Kedokteran UGM, yakni Dewajani Purnomosari, PhD, Dian C Sulistyoningrum, MSc, dr. Dwi Aris N, PhD, Dr. dr. Hera Nirwati, dan Janatin Hastuti, PhD. Masing-masing menyampaikan materi berturut-turut, yakni pengantar dan prinsip biosafety, Biocontainment dan alat pelindung diri (APD), bahaya laboratorium lainnya (bahaya-bahaya kimia, fisik, termal, ergonomik dll), pengantar dekontaminasi dan disinfeksi, dan pengantar praktik penanganan tumpahan (spilled) bahan infeksius maupun non-infeksius. Tanggapan peserta sangat bagus, beberapa saran, pertanyaan dan sharing dikemukakan oleh peserta dari berbagai laboratorium.

Rangkaian workshop diakhiri dengan praktik spill kit. Peserta dibagi dalam empat kelompok yang masing-masing dipandu oleh seorang anggota Tim Biosafety FK UGM. Di akhir sessi, sebelum ditutup oleh Ketua Tim Biosafety Fakultas Kedokteran UGM, ditayangkan video biosafety yang diprakarsai oleh Tim Biosafety dengan dukungan dari Fakultas Kedokteran UGM. (Tim Biosafety FK UGM)

ibu_dewajani

Dewajani Purnomosari, PhD saat menyampaikan materi pengenalan biosafety.

miss amal

Miss Amal Haaq dari Biosecurity Engagement Program (BEP) USA saat  memberikan kata sambutan.

dian

Dian C Sulistyoningrum, MSc saat memberikan materi.

dr hera

Dr. dr. Hera Nirwati menyampaikan materi.

spiil kit3

Suasana saat praktik menggunakan  spill kit.

Trackback from your site.

Leave a comment