Workshop Biosafety II

psTanggal 26 Juli 2016 Tim Biosafety Fakultas Kedokteran menyelenggarakan Workshop II tentang pengenalan biosafety dan pelatihan penggunaan spill kit. Workshop bertempat di ruang Kuliah I Gedung Radioputro Fakultas Kedokteran UGM (Lt. 1). Sekitar 44 peserta mengikuti workshop tersebut, meliputi, dosen dan peneliti, laboran, dan teknisi dari internal Fakultas Kedokteran.  Workshop kali ini juga diikuti oleh peserta dari luar Fakultas Kedokteran, yakni dari Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas Farmasi, Fakultas Biologi, RS Sardjito.

Workshop dibuka oleh ketua Tim Biosafety FK UGM, Ibu Dewajani Purnomosari, PhD. Materi-materi workshop disampaikan oleh pemateri dari Tim Biosafety Fakultas Kedokteran UGM, yakni Dewajani Purnomosari, PhD, Dian C Sulistyoningrum, MSc, dr. Dwi Aris N, PhD, Dr. dr. Hera Nirwati, dan Janatin Hastuti, PhD. Masing-masing menyampaikan materi berturut-turut, yakni pengantar dan prinsip biosafety, Biocontainment dan alat pelindung diri (APD), bahaya laboratorium lainnya (bahaya-bahaya kimia, fisik, termal, ergonomik dll), pengantar dekontaminasi dan disinfeksi, dan pengantar praktik penanganan tumpahan (spilled) bahan infeksius maupun non-infeksius.

Antusiasme peserta cukup besar terlihat dari interaksi pada saat penyampaian materi. Peserta juga tidak segan untuk sharing pengalaman-pengalaman maupun kondisi di laboratorium tempat mereka bekerja, misalnya fasilitas-fasilitas yang tersedia, perawatan/pemeliharaan, penggunaan, risiko, dsb. Peserta juga antusias dan kompak saat mengikuti pelatian spill kit. Pelaksanaan praktik spill kit dibagi dalam empat kelompok yang masing-masing dipandu oleh seorang anggota Tim Biosafety FK UGM. Semua peralatan untuk praktik spill kit disediakan oleh panitia, bahkan peserta juga diperbolehkan membawa pulang beberapa kantong plastik standar untuk digunakan saat sterilisasi dengan autoclave. (Tim Biosafety FK UGM) 

bio1

Dewajani Purnomosari, PhD saat menyampaikan materi pengenalan biosafety

bio2

Dian C Sulistyoningrum, MSc saat memberikan materi biocontainment

bio3

Dr. dr. Hera Nirwati menyampaikan materi dejontaminasi dan disinfeksi

praktek spillkit

Suasana saat praktik menggunakan  spill kit.

ps

 

Peserta antusias mengikuti praktik menggunakan spill kit.

Trackback from your site.

Leave a comment