Workshop Pengenalan Biosafety dan Keselamatan Kerja, 23 April 2015

w1Dalam rangka mengupayakan peningkatan praktik biosafety dan keselamatan    kerja di laboratorium di lingkungan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada, Tim Biosafety FK UGM menyelenggarakan workshop biosafety lanjutan pada hari Kamis, 23 April 2015.Pada workshop kali ini topik yang diangkat adalah tentang Pengenalan Biosafety dan Keselamatan Kerja di RSUP Dr. Sardjito dengan narasumber : Susy Runtiawati, S.E., MM.. Beliau adalah Kepala Unit Facility and Safety Management System RSUP Dr. Sardjito.

Acara dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Keuangan, Aset dan SDM, dr. Ibnu Purwanto, SpPD-KHOM yang menyampaikan bahwa pelaksanaan workshop ini sejalan dengan visi Fakultas Kedokteran untuk menjaga keselamatan kerja. Terselenggaranya acara ini diharapkan dapat membangun jejaring kerjasama dengan Fakultas lain di UGM mengingat workshop ini selain dihadiri oleh peserta dari laboratorium di lingkungan FK UGM, namun juga dihadiri oleh peserta dari Fakultas Kedokteran Hewan, Farmasi, Biologi, Teknologi Pertanian dan Program Studi Bioteknologi PAU UGM. Koordinator Tim Biosafety FK UGM, Dra. Dewajani Purnomosari, MSi, PhD juga menyampaikan sambutan pembuka mengenai pentingnya pengenalan biosafety dan pelaksanaan keselamatan kerja di FK UGM yang dapat kita pelajari dari pengalaman di RSUP Sardjito.Sehingga diharapan kegiatan ini kita dapat membangun “budaya” keselamatankerja di lingkungan FK UGM dan Universitas.

w2Materi workshop kali ini secara spesifik membahas mengenai pelaksanaan dan manajemen biosafety dan keselamatan kerja di lingkungan laboratorium RSUP Dr. Sardjito yang dibagi dalam 2 sesi.Peserta workshop cukup antusias dalam mengikuti workshop tercermin dari keaktifan peserta dalam bertanya dan berdiskusi.Dapat disimpulkan bahwa tantangan pengaplikasian biosafety terletak pada perubahan dari pemikiran “budaya safety biasanya” menjadi “budaya safety yang seharusnya”.Selain itu, tantangan untuk mengadopsi pedoman atau standard internasional menjadi sesuatu yang mampu dan bisa diaplikasikan pada taraf pelaksanaan. Workshop ditutup oleh Wakil Dekan Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Kerjasama, Prof. dr. Adi Utarini, MSc., MPH, PhD.

 

Materi:

  1. Pelaksanaan dan Management Biosafety di Lingkungan Laboratorium RSUP Dr Sardjito (Susy Runtiawati SE MM)
  2. Keselamatan Kerja di Laboratorium (Susy Runtiawati SE MM)

         (Kontributorberita: Tim Biosafety FK UGM)

Trackback from your site.

Leave a comment